Minggu, 19 Januari 2020

Tren Bisnis Kuliner 2020

[RE-POST]

10 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2020 - Bisnis Food & Baverage adalah salah satu bisnis yang trennya paling dinamis.

Tren-tren baru akan datang lalu tergantikan oleh tren yang lebih baru lagi. Walau begitu, bisnis di bidang ini diprediksi akan tetap bersinar di tahun 2020 mendatang. 

Untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan dalam berbisnis di bidang kuliner, berikut adalah 15 tren bisnis kuliner yang masih akan booming pada 2020 mendatang. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Es kopi susu dengan gula aren

Tahun 2020 bisa jadi tahunnya kopi susu. Misalnya, dari satu merek dagang salah satu kopi susu terkenal di Jakarta yang memiliki lebih dari 16 outlet saja mampu menghabiskan 200 ribu gelas dalam satu tahun. Pertumbuhan konsumsi kopi susu ini juga terus meningkat sepanjang tahun.

Hal ini ditunjukkan dari riset yang dilakukan oleh IDN Times yang menunjukkan bahwa setidaknya 32,1% orang saat ini mengonsumsi 3 hingga 5 gelas kopi susu dalam satu hari. Tentu hal ini menjadi sebuah peluang tersendiri bagi Anda.

Namun, biasanya kesuksesan es kopi susu yang ada di kota-kota besar di Indonesia ini tidak datang hanya dari satu faktor seperti cita rasanya saja.

Strategi pemasaran baik secara offline maupun online juga ikut menentukan keberhasilan bisnis es kopi susu yang akan Anda bangun.

Tidak heran, untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli, es kopi susu kekinian seringkali menggunakan nama-nama yang “nyeleneh”, selain dari filosofinya tentu karena dengan ini merek dagang akan lebih mudah diingat calon pembeli.

2. Minuman dengan topping biskuit

Segarnya es kopi atau es susu ditambah dengan renyahnya remah biskuit kini sedang menjadi primadona di kalangan millennial pada khusus.

Tidak hanya menghadirkan cita rasa baru dalam menikmati kopi atau susu segar, minuman ini juga sekaligus membuktikan biskuit tidak hanya bisa dinikmati secara konvensional sebagai teman minum teh atau bahan makanan balita setelah sebelumnya dilumatkan.

Penyajian es kopi susu dan susu segar dengan topping biskuit juga semakin berkembang seiring dengan permintaan konsumen yang semakin beragam.

Beberapa es kopi susu/fresh milk dengan topping biskuit bahkan menambahkan sirup vanila, karamel hingga perisa rum untuk membuat minuman ini menjadi semakin nikmat.

Jika Anda berniat membuat usaha dengan menu makanan ini, sudah siapkan inovasi terbaru untuk pelanggan Anda kelak?

3. Boba atau Bubble Milk Tea

Bubble milk tea sendiri pertama kali meledak di Taiwan. Minuman yang terbuat dari tepung tapioka dan tepung gula aren dan dibentuk menjadi bola-bola kecil ini disajikan dengan susu segar dan atau dikombinasikan dengan teh.

Bubble sendiri dikenal dengan banyak nama seperti Bubble, Boba, Pearl dan lain sebagainya.

Demam bubble tidak hanya berhenti di Taiwan saja, hal ini juga terjadi di Indonesia. Bahkan antrian seringkali mengular saat beberapa outlet bubble milk tea pertama kali dibuka.

Untuk mendapatkan sebuah bubble milk tea, konsumen rela mengantri bahkan hingga 3 jam demi dapat menikmati segelas bubble milk tea. Tertarik membuka bisnis bubble milk tea?

4. All You Can Eat di bawah Rp100 ribu

Tidak hanya dari segi varian makanan yang semakin beragam, jenis restoran juga dapat menjadi peluang bisnis tersendiri.

Salah satu jenis restoran yang menjadi tren di sepanjang 2009 dan diprediksi akan tetap bersinar di tahun 2020 adalah all you can eat restaurant.

Di sini pengunjung dibolehkan memakan segala hidangan yang tersedia. Umumnya restoran ini menyediakan berbagai macam jenis daging sapi, ayam hingga ikan.

Untuk penyajian sendiri para konsumen dibebaskan untuk memasak sendiri santapan mereka baik dengan cara memanggangnya atau merebusnya di kuah yang sudah disediakan oleh penyedia restoran.

Tren bisnis kuliner ini akan terus bertahan di tahun 2020 mendatang di antaranya karena konsumen saat ini yang cenderung menginginkan beragam hidangan dalam satu tempat.

Keberadaan restoran all you can eat cukup mampu menjawab kebutuhan konsumen saat ini. Untuk menarik pelanggan, jenis restoran all you can eat juga menyesuaikan dengan gaya beberapa Negara misalnya seperti Korea dan Jepang.

5. Martabak aneka 

Salah satu camilan klasik Indonesia yang tak lekang oleh waktu adalah martabak. Martabak sendiri terdiri dari dua jenis yaitu martabak manis atau biasa juga disebut terang bulan di beberapa daerah dan martabak telur.

Karena tidak pernah sepi peminat, inovasi martabak pun menjadi semakin beragam. Misalnya saja seperti menambahkan beragam topping seperti bermacam-macam varian coklat, biskuit hingga berbagai selai premium untuk martabak manis.

style="text-align: justify;">Martabak telur juga tidak luput dari inovasi yang tidak kalah popularitasnya. Bahkan agar tetap relevan dengan generasi millennials dan Gen Z yang sedang gandrung akan budaya Korea Selatan, martabak telur dikolaborasikan dengan Samyang, mie instan dengan cita rasa bumbu khas Korea Selatan.

Hasilnya ternyata juga menyita perhatian banyak pencinta kuliner di Indonesia. Sekarang waktunya Anda, bisnis martabak telur dengan isian Kimchi mungkin tidak kalah menarik, bukan?

6. Ayam geprek

Masih belum puas dengan tren bisnis kuliner di atas? Tenang, masih ada banyak pilihan untuk Anda. Salah satunya adalah ayam geprek.

Hidangan ayam geprek pada awalnya berasal dari warung makan sederhana di Yogyakarta. Ayam goreng tepung yang kemudian digeprek atau dihancurkan berbarengan dengan sambal bawang yang tingkat kepedasannya disesuaikan dengan pelanggan ini mendadak jadi primadona terutama di kalangan mahasiswa.

Tren hidangan ayam geprek tidak hanya berhenti di Yogyakarta. Tren hidangan ini akhirnya menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dan mendapat banyak penyesuaian terutama untuk sambal yang digunakan.

Hasilnya, sekarang bisa ditemukan berbagai ayam geprek dengan ragam sambal yang bervariasi seperti sambal matah, rica-rica bahkan hingga bulgogi. Anda berniat untuk membuka bisnis kuliner dengan hidangan ini?

7. Katering makanan sehat

Sehat memang bukan hanya datang dari satu faktor saja seperti olahraga misalnya. Faktor lainnya yang juga penting dalam menjaga kesehatan tentu saja makanan.

Dengan semakin meningkatnya kepedulian mengenai kesehatan tentu saja memicu pertumbuhan katering yang memfokuskan diri pada makanan sehat. Berbagai macam pilihan menu makanan sehat bisa Anda temukan di berbagai kota.

Ada beragam varian jenis katering diet yang diprediksi menjadi tren bisnis kuliner yang booming di tahun 2020 seperti diet OCD, diet Paleo, diet Ketofastosis, diet rendah lemak, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menyesuaikan menu diet yang ingin Anda konsumsi setiap hari sesuai dengan kebutuhan tubuh dan atas saran dokter gizi.

Harga yang ditawarkan juga beragam, berkisar dari Rp60 ribu per porsi sampai Rp150 ribu. Terlihat menjanjikan, bukan?

8. Makanan dan minuman dengan keju

Keju merupakan salah satu makanan yang banyak dimanfaatkan sebagai topping yang cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai makanan.

Cita rasanya yang asin dan gurih membuatnya lebih “luwes” untuk dikolaborasikan dengan makanan yang rasanya manis, gurih bahkan yang pedas sekali pun.

Hal tersebutlah yang membuat Anda sering menemukan keju sebagai topping di berbagai makanan dan minuman.

Untuk tahun ini sendiri, salah satu jenis keju yang banyak mendapat sorotan adalah keju mozzarella dan krim keju (cheese cream). Keju mozzarella sendiri menjadi se-booming saat ini karena banyak yang melakukan fussion makanan dengan keju mozzarella.

Sementara untuk krim keju sendiri popularitasnya kian meningkat seiring dengan meningkatnya juga tren kue cheesecake yang terkenal dari Jepang.

Sudah terpikiran makanan atau minuman apa lagi yang cocok untuk dikolaborasikan dengan keju untuk ide bisnis Anda tahun 2020 mendatang?

9. Jus buah

Walau tren minum es kopi susu sedang ada di puncak ketenaran pada 2019 ini, salah satu hal yang yang menarik adalah peminat akan jus buah yang tidak serta merta turun dan cenderung meningkat.

Saat ini hidup sehat bukan lagi sebuah pilihan yang sulit dijangkau, apalagi dengan berbagai jenis edukasi yang tersebar, mengonsumsi jus buah bisa jadi jalan keluar yang paling relevan dan sekaligus menjadi alternatif minuman.

Tidak seperti di zaman dahulu, saat ini penjual jus buah juga diharapkan mengerti khasiat dan manfaat dari masing-masing varian jus yang ditawarkan.

Hal ini penting untuk mempertahankan loyalitas para pelanggan yang sudah datang untuk membeli. Anda berniat jadi tandingan bisnis es kopi susu? 

10. Nasi Telur

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar “telur ceplok”? Mungkin Anda menganggapnya sebagai santapan yang sederhana.

Walau sederhana, nasi telur akhir-akhir ini jadi terkenal lho di kalangan masyarakat. Salah satu hidangan nasi telur yang paling terkenal adalah nasi telur Pontianak.

Tidak hanya menyajikan nasi dengan telur ceplok, santapan yang satu ini juga dilengkapi dengan paduan saus yang dibuat dari kecap asin, kecap manis, bawang putih, daun bawang, rawit merah dan saus tiram. Santapan sederhana ini tidak pernah sepi pengunjung di sepanjang tahun 2019.

Tidak membutuhkan modal yang besar, tren bisnis kuliner ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. Berniat mencoba bisnis ini?

Itulah 10 tren bisnis kuliner yang masih akan booming pada 2020 mendatang. Wah... pastinya menggiurkan karena sangat menjanjikan, ya!

Sumber :

https://blog.mokapos.com/tren-bisnis-kuliner-2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...